Apr 07

[Error] Bug XRDP pada Linux Mint 12 – Lisa

Saat ini Linux Mint versi terbaru adalah Lisa. Ada banyak perubahan dari versi Katya ke Lisa. Mulai dari adanya Gnome Shell, perubahan susunan menu, dan macam-macam lainnya. Nampaknya versi Lisa ini terjadi sedikit penurunan dibandingkan versi-versi sebelumnya, karena ada beberapa masalah yang cukup mengganggu disini, salah satunya adalah masalah yang terjadi apabila kita menggunakan XRDP untuk menggunakan komputer kita dari jarak jauh. Pada versi-versi sebelumnya, kelemahan XRDP adalah apabila ada salah satu keyboard shortcut yang menggunakan tombol Windows (Super). Namun hal itu dapat diatasi dengan mengganti/menghilangkan keyboard shortcut tsb.

Tetapi pada Lisa ini, XRDP punya masalah besar, yaitu tidak dapat menggunakan Window Manager secara benar. Sehinga, ketika di-remote, komputer anda tidak akan menampakkan apa-apa kecuali gambar background. Bahkan gnome-panel pun juga tidak muncul. Apabila kita menggunakan LibreOffice Impress, ketika mode slide show diaktifkan, slide show yang tampil hanya berupa window kecil di pojok layar. Dan karena tidak ada Window Manager yang muncul, tidak ada pula tombol close, maximize, dan minimize.

Untuk mengatasi masalah itu, ternyata kuncinya ada di file .xsession. Jadi yang perlu dilakukan hanyalah membuat file .xsession di home directory anda jika belum ada, kemudian isikan baris berikut pada file .xsession :

gnome-session --session=gnome

Be Sociable, Share!

0
comments

Reply

[+] kaskus emoticons nartzco