May 11

[Tools] Membaca Data pada FilesystemLinux (EXT2, EXT3, EXT4) di Windows

Bagi para pengguna dual boot Windows dan Linux, biasanya akan lebih suka meletakkan datanya di partisi Windows. Selain karena Windows-nya yang lebih sering digunakan, data yang ada pada partisi Windows (NTFS/FAT) tetap dapat dibaca dan ditulis melalui Linux. Nah, masalah peletakan data ini sering menjadi masalah bagi yang lebih sering menggunakan Linux, karena data pada partisi Linux (EXT2, EXT3, dan EXT4) tidak dapat terbaca di Windows.

Untuk mengatasi masalah itu, ada 2 cara yang dapat dilakukan, menggunakan aplikasi EXT2Read atau menggunakan Filesystem Driver ext2fsd. Berikut ini akan di bahas satu-persatu mengenai cara penggunaan, kelebihan, dan kekurangannya.

EXT2Read

EXT2Read atau EXT2Explorer adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membaca partisi EXT2, EXT3, EXT4 (Experimental) dari sistem operasi Windows. Model dari aplikasi ini lebih mirip Windows Explorer khusus untuk EXT Filesystem. Dan karena bentuknya adalah aplikasi, maka dia tidak dapat melakukan proses mount partisi EXT Filesystem. Yang dapat dilakukan adalah menyalin dari/ke filesystem EXT yang ada. Ketika dicoba, aplikasi ini memang dapat menyalin data dari EXT4 ke NTFS yang ada di Windows. Hanya saja, setelah selesai, program langsung menutup dan ada peringatan error.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pertama anda harus mengunduhnya dari sourceforge, kemudian mengekstrak file aplikasinya ke suatu direktori. Untuk menjalankannya, anda harus menjalankannya sebagai administrator dengan cara klik kanan di file executables -> run as administrator. Nanti akan tampak gambar seperti di bawah ini :

ext2fsd

ext2fsd adalah filesystem driver untuk EXT2 Filesystem. Tetapi dia juga dapat digunakan untuk membuka filesystem EXT3 ataupun EXT4, meskipun hanya dapat dibuka secara read-only (EXT3 dapat ditulisi,tetapi masih experimental). Berbeda dengan ext2read, kita dapat melakukan mount terhadap filesystem EXT2/3/4, kemudian membacanya seperti biasa melalui Windows Explorer. Ini tentu lebih memudahkan apabila kita tidak perlu melakukan operasi tulis, karena kita tidak perlu menyalin file terlebih dahulu untuk membukanya.

Ketika diujicoba, aplikasi ini dapat berjalan dengan cukup baik, hanya saja mungkin untuk orang awam akan sedikit kesulitan untuk menggunakannya. Sebetulnya, cara penggunaannya simpel, tetapi karena menu yang ditampilkan cukup banyak, sehingga terlihat membingungkan. Yang perlu dilakukan sebetulnya hanya memilih drive letter untuk partisi linux yang kita miliki, kemudian menjalankan service dari ext2fsd ini dari menu Tools -> Services and Management.Berikut ini adalah tampilan dari aplikasi ext2fsd ketika berjalan (sama seperti ext2read, aplikasi ini harus dijalankan sebagai Administrator) :

Dan ini adalah tampilan dari Windows Explorer ketika filesystem EXT4 telah ter-mount, dimana drive G: adalah drive letter untuk filesystem EXT4 yang di-mount :

Be Sociable, Share!

0
comments

Reply

[+] kaskus emoticons nartzco