Jan 23

Mobile Agent, Software yang Dapat Berpindah

Selama ini, program berbasis jaringan selalu mempertukarkan data. Data berpindah dari komputer klien ke komputer server. Begitu juga sebaliknya. Kemudian berkembang lagi menjadi pemanggilan fungsi (method/function/procedure) secara remote. Jadi fungsi yang ada di komputer server dapat dipanggil oleh program yang berada di komputer klien. Tetapi bagaimana jika yang berpindah antar komputer adalah sebuah software? Software ini bisa berpindah tempat eksekusi dari komputer satu ke komputer yang lain secara langsung, tanpa harus menghentikan eksekusi program.

Aplikasi dengan jenis ini disebut dengan mobile agent. Agent adalah software yang bersifat autonomous. Artinya dia dapat bertindak dan mengambil keputusan secara otomatis. Dapat juga dianalogikan dengan sebuah robot yang dapat berpikir. Agent ini kemudian berkembang menjadi mobile agent. Jadi dia tidak hanya bisa “memiliki pikiran”, tetapi juga dapat berpindah tempat eksekusi dan berkomunikasi dengan agent yang lain.

Kemudian, bagaimana membangun aplikasi mobile agent ini? Salah satu cara yang saya ketahui adalah dengan menggunakan platform mobile agent yang ada di berbagai macam bahasa pemrograman. Platform favorit saya adalah Jade. Jade adalah platform mobile agent dengan menggunakan bahasa Java. Pada post selanjutnya akan dibahas lebih dalam mengenai Jade dan bagaimana membangun sebuah agent sederhana dengan Jade.

Be Sociable, Share!

1
comments

1 comment!

  1. Andika says:

    😉

    Teringat saat membantu mengerjakan Tugas Akhir seorang teman… 😀

    [Reply]

Reply

[+] kaskus emoticons nartzco