Apr 09

[Error] Bug Pada Python Ketika Upgrade Ubuntu

Ubuntu/Debian-based merupakan distro linux yang cukup populer. Banyak orang yang menggunakannya. Dan ketika muncul versi yang baru, seringkali yang saya lakukan adalah install ulang saja. Karena install ulang lebih “damai” dan tidak kawatir dependency ada yang bermasalah. Namun, hal itu tidak berlaku ketika kita menggunakan Linux untuk server. Jika setiap kali ada versi terbaru, kita harus install ulang server, maka itu akan menjadi pekerjaan yang cukup menyakitkan. Karena waktu akan habis untuk mengkonfigurasi ulang.

Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah melakukan upgrade. Biasanya perintah yang saya lakukan adalah apt-get dist-upgrade. Perintah itu biasa saya gunakan jika akan upgrade ke versi Ubuntu/Debian yang lebih baru. Biasanya berjalan lancar, namun ketika saya melakukan upgrade dari Ubuntu Maverick ke Ubuntu Natty, muncul pesan error “error processing python2.7-minimal”. Setelah berjalan-jalan menjelajahi Google dan bugs.launchpad.net, ternyata masalahnya ada di instalasi Python yang ada.

Solusi yang ada pun ternyata sangat sederhana, yaitu mengubah sedikit isi file yang sudah ada. Jadi yang perlu anda lakukan adalah mencari file version.py yang ada di direktori /usr/share/python/debpython. Kemudian cari baris yang berisi :

SUPPORTED = [(2, 6)]

Dan ubah menjadi seperti ini :

SUPPORTED = [(2, 6), (2, 7)]

Setelah itu langsung lakukan lagi apt-get dist-upgrade, jika perlu tambahkan option -f apabila terjadi error yang sama. Nah setelah hal ini dilakukan, ternyata masih error :grin:. Akhirnya saya pun menyerah, kemudian saya upgrade saja langsung ke Ubuntu Oneiric dan ternyata berhasil setelah perubahan yang tadi dilakukan.

Be Sociable, Share!

0
comments

Reply

[+] kaskus emoticons nartzco