Apr 09

[Tools] Manajemen Paper dengan Mendeley

Bagi yang sedang/akan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi (S2/S3), biasanya akan sering membaca paper dalam jumlah banyak. Dan yang sering terjadi adalah kita kebingungan ketika jumlah paper yang dibaca semakin banyak. Saya sering bingung mana paper yang sudah dibaca, mana yang belum. Selain itu, kadang dibutuhkan juga untuk menambahkan beberapa catatan pada paper pdf yang ada. Walaupun hal ini sebetulnya bisa dilakukan jika kita memakai Adobe Acrobat Profesional. Sayangnya, selain berbayar, aplikasi tersebut hanya tersedia untuk Windows dan Mac OS.

Di Linux, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur file pdf (paper) yang kita miliki, seperti gPapers. gPapers dulunya adalah aplikasi yang cukup baik. Dia memiliki berbagai macam fitur seperti memilah paper berdasarkan penulis/judul, memberi catatan pada paper-paper, dan menandai paper-paper yang kita sukai. Namun, gPapers ini cukup sulit untuk di-install di komputer. Salah satunya karena versi Linux yang digunakan terlalu lama. Dulu saya sempat memakai aplikasi ini selama beberapa saat, tetapi akhirnya hilang setelah install ulang komputer. :grin:

Mendeley Screenshot

Setelah mencari kesana-kemari lewat mbah Google, akhirnya saya menemukan Mendeley. Sama seperti gPapers, Mendeley adalah sebuah aplikasi untuk mengatur file-file pdf yang kita miliki, dalam hal ini untuk paper. Beberapa fitur yang dimiliki Mendeley antara lain :

  • Membaca PDF langsung dan memberi catatan di bagian tertentu dari PDF tersebut.
  • Mengatur referensi yang mau kita gunakan, misalkan ingin menambahkan sitasi secara otomatis di Microsoft Word/Libre Office Writer
  • Import pdf dari berbagai sumber, misalkan saja dari file system, Papers (aplikasi sejenis di Mac)
  • Berbagi paper dengan orang lain
  • Backup paper di sistem cloud Mendeley

Fitur lain yang cukup menyenangkan dari Mendeley ini adalah dia bisa sinkronisasi data dari komputer ke perangkat mobile yang kita miliki. Meskipun tidak ada aplikasi resmi dari pihak Mendeley, tapi ada aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengakses API yang mereka punya, contohnya adalah Scholarley yang tersedia untuk platform Android.

Karena Mendeley ini juga menggunakan cloud, mereka akan menarik bayaran jika space yang kita gunakan mencapai jumlah tertentu. Kalau tidak salah sekitar 1 GB space gratis yang mereka berikan. Tapi saya rasa cukup lah untuk menampung paper-paper yang saya miliki. ;-)

Be Sociable, Share!

0
comments

Reply

[+] kaskus emoticons nartzco